SELAMAT DATANG DI WEBSITE BLK SAMARINDA (Waktu Pendaftaran Pelatihan Kerja Dilaksanakan Setiap Hari Kerja (Senin s.d Jum'at jam 08.00 s.d 15.30 WITA) di Kios 3in1 BLK Samarinda, Jl. Pangeran Surapati Sungai Kunjang Samarinda dan Dinas Tenaga Kerja Kota Samarinda Jl. Basuki Rahmat Samarinda)

Laman

Korelasi Antara CSR dan BLK

Berbicaran tentang CSR (Corporate Corporate Social Responsibility) maka tidak lepas dari Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas, karena memang dasar hukum dari CSR sendiri adalah Pasal 1 ayat 1,2 dan 3 dari undang-undang tersebut, adapun ayat tersebut berbunyi :


(1) Perseroan yang menjalankan kegiatan usahanya di bidang dan/ atau yang berkaitan dengan sumber daya alam wajib melaksanakan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan.
(2) Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan sebagaimana yang dimaksud dalam ayat (1) merupakan kewajiban perseroan yang dianggarkan dan diperhitungkan sebagai biaya perseroan yang pelaksanaannya dilakukan dengan memperhatikan kepatutan dan kewajaran.
(3) Perseroan yang tidak melaksanakan kewajiban sebagaimana yang dimaksud dalam ayat (1) dikenai sanksi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Dengan demikian dapat dikatakan CSR menjadi kewajiban bagi setiap perusahaan dalam rangka memenuhi undang-undang perseroan terbatas, namun akan lebih bijak lagi tidak sekedar untuk gugur kewajiban saja akan tetapi menjadi kebutuhan yang layak untuk dipenuhi di setiap perusahaan. Karena dengan penerapan CSR yang baik maka dapat menjadi modal nonfinansial dan menjadi bagian dari asuransi sosial yang menghasilkan harmonisasi dan perspektif positif dari masyarakat terhadap eksistensi perusahaan. Dengan brand image dan reputasi perusahaan yang baik maka dapat menjadi nilai tambah bagi perusahaan untuk tumbuh secara berkelanjutan.

Beberapa bentuk CSR yang biasanya dilaksanakan oleh perusahaan diantaranya dalam lingkup pemberian bantuan kepada masyarakat agar mampu mengembangkan potensi diri dan lingkungan sekitar dengan kemandirian. Bantuan yang diberikan berupa bantuan pendidikan, pelatihan kepada masyarakat, bantuan pengembangan/ penguatan kelompok swadaya masyarakat. Komunitas asli, organisasi profesi, dan bantuan peningkatan kapasitas usaha masyarakat berbasis sumberdaya setempat. Selain itu ada juga program bantuan untuk masyarakat umum dalam bentuk perbaikan sarana yang tidak berkelanjutan, seperti: bantuan sarana ibadah, bantuan korban bencana alam dan lain-lain. Sedangkan program pelestarian alam merupakan program pemberian bantuan untuk penataan alam seperti penghijauan dengan penanaman pohon pada ruang terbuka hijau, rehabilitasi kawasan hutan, dan kegiatan lainnya yang bertujuan untuk menjaga kelangsungan alam sekitar.

BLK Samarinda yang notabene sebagai Unit Pelaksana Teknis Pusat (UPTP) yang berada di bawah Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan R.I. sangat konsern terhadap CSR yang diberikan dalam bentuk bantuan pendidikan dan pelatihan kepada masyarakat. Tentunya hal ini sejalan dengan tugas dan fungsi BLK Samarinda selaku UPTP yang memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam bentuk penyelenggaraan pelatihan berbasis kompetensi. Korelasi antara CSR dan BLK adalah bahwa perusahaan melalui CSR-nya menyediakan peserta pelatihan yang berasal dari lingkungan sekitar perusahaan beserta sumber daya pendukungnya, sedangkan BLK yang menyediakan tenaga instruktur dan tempat untuk menyelenggarakan pelatihan berbasis kompetensi. Sehingga hubungannya menjadi mutualisme atau saling menguntungkan. Hal ini dapat dilihat dari output bagi perusahaan adalah terselenggaranya program CSR dengan baik sesuai dengan kebutuhan lingkungan sekitar perusahaan, dan output bagi BLK Samarinda adalah dapat menyelenggarakan pelatihan berbasis kompetensi sehingga mampu untuk mencapai target melatih para pencari kerja. Dengan demikian jejaring kerjasama antara perusahaan dengan BLK dipandang perlu untuk diwujudkan dalam bentuk kerjasama pelatihan berbasis kompetensi.

Terkait dengan hal tersebut di atas, maka BLK Samarinda membuka pintu kerjasama yang selebar-lebarnya bagi perusahaan yang ingin menjalin kerjasama, dan BLK Samarinda juga mengajak seluruh perusahaan baik yang berdomisili di Samarinda maupun di luar samarinda untuk menjalin kerjasama dengan BLK Samarinda agar program CSR yang diselenggarakan perusahaan dapat terselenggara secara berkelanjutan guna meningkatkan kompetensi dan produktivitas dari masyarakat di sekitar lingkungan perusahaan.

Secara teknis kerjasama yang dijalin dalam bentuk pelatihan berbasis kompetensi tersebut terbagi menjadi dua jenis, pertama adalah dengan sharing pendanaan yakni melalui dana CSR-nya perusahaan menyiapkan peserta pelatihan dan biaya akomodasi selama mengikuti pelatihan di BLK Samarinda, sedangkan BLK Samarinda melalui DIPA APBN menyiapkan program dan bahan pelatihan, instruktur dan sarana pendukung pelatihan. Kedua adalah full pendanaan dari CSR perusahaan dengan mekanisme pengelolaan keuangannya mengacu kepada pengelolan Penerimaan Negara Bukan Pajak.

Bagi perusahaan yang berminat untuk menjalin kerjasama pelatihan dengan BLK Samarinda dapat segera menghubungi Kios 3in1 BLK Samarinda Jl. P. Untung Suropati  Sungai Kunjang Samarinda atau dapat menghubungi Call Center (085332683394 ) atau dapat langsung berkorespondensi melalui email di blkisamarinda1976@gmail.com atau 3in1.blki@gmail.com (burjo85)



PETA SITUASI BLK SAMARINDA

 
Copyright © 2011 BLK Samarinda | Powered by : burjo85