SELAMAT DATANG DI WEBSITE BLK SAMARINDA (Waktu Pendaftaran Pelatihan Kerja Dilaksanakan Setiap Hari Kerja (Senin s.d Jum'at jam 08.00 s.d 15.30 WITA) di Kios 3in1 BLK Samarinda, Jl. Pangeran Surapati Sungai Kunjang Samarinda dan Dinas Tenaga Kerja Kota Samarinda Jl. Basuki Rahmat Samarinda)

Laman

BLKI Samarinda Luluskan Ribuan Pencari Kerja

SAMARINDA- Balai Latihan Kerja Industri ( BLKI ) Samarinda Jalan Untung Suropati Sungai Kunjang yang juga Unit Pelaksana Teknis Pusat ( UPTP ) dibawah Direktorat Jendral Binalattas Kemanaker RI banyak meluluskan pencari tenaga kerja.

Sejak didirikan 1976 silam , kurang lebih dari 80rb telah merasakan pelatihan. Pada 2014 saja, BLKI Samarinda melatih sebanyak 1.778 orang dengan penempatan kerja sekitar 65persen. Sedangkan di 2015 akan melatih sebanyak 2.432 orang.

Dengan angka itu membuktikan aktivitas dan prestasi BLKI Samarinda dalam ikut membangun Benua Etam melalui sumber daya manusia ( SDM ) yang kompoten tak bias di anggap remeh. Terutama tujuan utama dan kiprahnya yang mulai untuk mengurangi pengangguran juga mempunyai andil besar. Terlihat saat berbagai pelatihannya , tak sedikit peserta dari golongan tak mampu mendapatkan fasilitas gratis. Mulai dari biaya pelatihan , pakaian praktik , baju olahraga , asuransi , dan transportasi peserta semua di biayai oleh BLKI melaui Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) hingga penempatan kerja.

Tentunya kesuksesan balai ini bukan datang begitu saja. Perlu kerja keras dan perjalanan panjang serta kekompakan tim dalam menjalakannya. Terutama sosok pemimpin yang harus memiliki kharisma tinggi dalam memimpin. Yakni Andi M Najib T SH MH.

Andi menyatakan , pembinaan teknis dalam bentuk koordinasi , bimbingan teknis pengelolaan lembaga dalam penerapan pelatihan berbasis kompetensi serta manajemen pengelolaan lembaga.
Juga melalui DIPA APBN BLKI Samarinda anggaran pelatihan berbasis kompetensi kepada UPTD di sediakan dana oleh pusat. Diantaranya UPTD ULK Tarakan , BLK Nunukan , BLK Mandiri , Kutai Timur , dan BLK Paser.

“ BLKI ini mempunyai tugas memberikan pelatihan keterampilan , uji kompetensi , konsultasi dan pengelolaan Pendayagunaan Fasilitas Latihan Kerja (PFLK). Untuk Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) serta pembinaan teknis secara operasional kepada Unit Pelaksanaan  Teknis Daerah (UPTD) , LPK swasta / industry yang melaksanakan pelatihan keterampilan tenaga kerja. Wilayah kerja kami ada 4 provinsi se-Kalimantan dalam pelaksanaan pelatihan berbasis kompetensi hingga penempatan kerja ke dunia industri di Kaltim dan Kaltara khususnya , “ jelas Andi.
Kemudian untuk kerja sama pelatihan dengan kabupaten kota setiap tahun melalui dana APBD dan sharing  dana. Diantaranya Kukar , Berau , PPU , Nunukan , Malinau , dan Bulungan , telah mengirimkan tenaga kerjanya untuk di latih di BLKI Sanarinda. Untuk 2015 ini Kabupaten Tana Tidung juga mengirimkan tenaga kerjanya.

“ Kami juga memberikan paket program pelatihan ke beberapa LPKS di Samarinda , Kutai Kartanegara , dan Bontang , pelatihan MTU di beberapa kelurahan , serta telah bekerja sama dengan Kanwil Kemenkumham Kaltim untuk pembinaan warga binaan lapas / rutan. Seperti Samarinda dan Kukar , juga telah bekerja sama dengan BNN Kaltim untuk pelatihan kerja terhadap binaan rehabilitasi pengguna narkoba ,” urai Andi.

Guna menjawab kebutuhan SDM yang tekoordinasi , BLKI Samarinda telah menginisiasi pembentukan Komite Pembinaan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (KP3SDM ) Kaltim. KP3SDM ini memiliki fungsi sebagai efaluator terhadap masalah dan mencari solusi dalam hal pengembangan , pembinaan , dan pemberdayaan SDM.

Tepis Statement Gubernur

SAAT di singgung mengenai statement Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak , yang mengatakan unitnya vakum di 2014 langsung di tepis Andi M Najib. “Kami selalu meluluskan peserta hingga penempatan kerja dan bahkan selalu berupaya melakukan kerja sama MoU dengan perusahaan besar untuk pelatihan SDM. Bahkan kami selalu mengirimkan laporan program pelaksanaan kegiatan setiap bulannya ke Pemprov Tingkat 1 Gubernur Kaltim , Disnakertrans Provinsi dan Disnaker Samarinda sama persis dengan yang kami kirim ke pusat. “ katanya.

Ia berharap , sebelum di beritakan seharusnya diklarifikasi dulu. Karena , BLKI Samarinda ini mempunyai 12 jurusan dan setiap paketnya selalu penuh. Kemudian BLKI ini unggul dalam bidang pelatihan kerja , karena mengikuti perkembangan teknologi sesuai kebutuhan industry , serta memiliki fasilitas tempat praktik yang representatif , lengkap dan saat ini akan menerima bantuan peralatan dari GIZ Germany dan IDB (Islamic Development Bank). Jadi tak heran jika berbagai perusahaan tambang batubara , perkebunan , migas dan industry lain banyak meminta jasa BLKI untuk melakukan pelatihan upgrade ilmu uji kompetensi bagi karyawan. Kemudian baru baru ini bekerja sama dengan Sogo, Hypermat dan BIG MALL Samarinda dan sudah menempatkan 1.500 tenaga kerja di perusahaan tersebut.

(Disalin dari Koran Kaltim Pos Edisi Rabu, 8 April 2015 Halaman 39)



PETA SITUASI BLK SAMARINDA

 
Copyright © 2011 BLK Samarinda | Powered by : burjo85