SELAMAT DATANG DI WEBSITE BLK SAMARINDA (Waktu Pendaftaran Pelatihan Kerja Dilaksanakan Setiap Hari Kerja (Senin s.d Jum'at jam 08.00 s.d 15.30 WITA) di Kios 3in1 BLK Samarinda, Jl. Pangeran Surapati Sungai Kunjang Samarinda dan Dinas Tenaga Kerja Kota Samarinda Jl. Basuki Rahmat Samarinda)

Laman

Gedung | Workshop

Berikut adalah beberapa prasarana yang dimiliki oleh BLK Samarinda dalam mengakomodir kebutuhan dan kelancaran dari penyelenggaraan pelatihan berbasis kompetensi. Adapun prasarana yang ada diantaranya adalah Gedung Kantor Utama dan Workshop dengan dokumentasi foto sebagai berikut :

Gedung ini merupakan kantor utama yang digunakan oleh Kepala Balai beserta para pejabat struktural dan staf dalam melaksanakan tugas kesehariannya. Gedung ini berlantai dua dengan pembagian ruang di lantai satu digunakan oleh Subbag Tata Usaha, Seksi Penyelenggaraan, Seksi Pemberdayaan dan Ruang KKI dan Instruktur, serta reseptionis, sedangkan di lantai dua digunakan untuk ruang Kepala Balai, Seksi Program dan Evaluasi, Ruang Keuangan dan Ruang Pertemuan dengan kapasitas kurang lebih untuk 80 orang.
Berikut ini adalah gedung Kios 3in1 yang digunakan sebagai tempat pemberian layanan kepada masyarakat yang ingin mendaftarkan diri untuk mengikuti pelatihan, sertifikasi dan penempatan. Seyogyanya gedung ini berada di bagian depan dari areal BLK Samarinda yang cukup luas ini, namun dikarenakan belum tersedia alokasi anggaran untuk pembangunan gedung baru Kios 3in1 maka sejak pembentukannya Kios 3in1 ini menggunakan bangunan gedung bekas sekretariat pelatihan kerjasama politeknik samarinda dan posisinya sekitar 200 meter dari gerbang masuk BLK Samarinda.
Gambar berikut adalah pintu masuk dari workshop mekanik alat berat.
Gambar berikut adalah kondisi di dalam area workshop mekanik alat berat, adapun unit peralatan pelatihan utama yang ada di workshop ini diantaranya adalah Caterpillar/D6D, Caterpillar/D7G, Caterpillar/120G, Caterpillar/140G, Kenwooth, Catterpilar/960C, International Harvester/Truck Crane, Toyota/Forklift. Workshop ini juga memiliki ruang kelas untuk pemberian materi teori sebanyak 2 kelas dengan kapasitas maksimal adalah 16 orang peserta per kelas.
Gambar berikut ini adalah gedung yang dijadikan sebagai ruang kelas sekaligus workshop untuk kejuruan Bisnis dan Manajemen (Administrasi Perkantoran, Sekretaris dan Bahasa), dan kejuruan Teknologi Informasi dan Komunikasi (Office Tools, Desain Grafis, Technical Support). Total memiliki 8 ruang kelas dengan kapasitas per kelas sebanyak 16 orang peserta, sehingga kapasitas total dari bengunan ini adalah sebanyak 128 orang peserta pelatihan.
Gambar berikut adalah tampak luar dari pintu masuk workshop instalasi pipa dan kerja pelat dan posisi workhsop ini adalah bersebelahan dengan workshop Las dan berseberangan dengan workshop teknik kendaraan ringan.
Gambar berikut adalah Workshop Teknik Las.
Gambar berikut adalah kondisi di area workshop teknik las, adapun fasilitas yang dimiliki workshop las diantaranya adalah satu ruang kelas dengan kapasitas untuk 16 orang peserta yang digunakan untuk pemberian materi teori yang berada di lantai dua. Pada lantai dasar digunakan sebagai ruang instruktur dan ruang peralatan, serta tempat praktek siswa.
Gambar berikut adalah Workshop Teknik Kendaraan Ringan.
Gambar berikut adalah kondisi di area workshop teknik kendaraan ringan, adapun fasilitas yang dimiliki workshop ini diantaranya adalah 2 ruang kelas dengan kapasitas untuk 32 orang peserta yang digunakan untuk pemberian materi teori yang berada di lantai dua. Pada lantai dasar digunakan sebagai ruang instruktur dan ruang peralatan, toilet, serta tempat praktek siswa. Peralatan yang digunakan cukup lengkap mulai dari engine stand, AC simulator trainer hingga Computerized Car Training serta peralatan lainnya yang tentunya sangat menunjang dari proses pelatihan.
Gambar berikut adalah Gudang Material.
Gambar berikut adalah Workshop Body Repair yang didalamnya memiliki peralatan body repair yang cukup lengkap dan sudah menggunakan system oven dalam proses pengecatannya, dan pastinya cukup untuk mengakomodir dalam penyelenggaraan pelatihan.
Gambar berikut adalah Kantin dan Minimarket yang dapat diakses oleh peserta pelatihan pada saat jam istirahat.
Gambar berikut adalah Workshop Teknik Mesin Produksi dan CNC.
Gambar berikut adalah kondisi di area Workshop Teknik Mesin Produksi dan CNC adapun fasilitas yang dimiliki workshop ini diantaranya adalah 3 ruang kelas dengan kapasitas untuk 48 orang peserta yang digunakan untuk pemberian materi teori yang berada di lantai dua. Pada lantai dasar digunakan sebagai ruang instruktur dan ruang peralatan, toilet, serta tempat praktek siswa. Peralatan yang digunakan cukup lengkap dan sangat menunjang dalam proses pelatihan seperti diantaranya mesin bubut manual, mesin frais manual serta mesin CNC dengan brand DMG Mori.
Gambar berikut adalah kondisi di area Workshop Bangunan adapun fasilitas yang dimiliki workshop ini diantaranya adalah 2 ruang kelas dengan kapasitas untuk 32 orang peserta yang digunakan untuk pemberian materi teori yang berada di lantai dua. Pada lantai dasar digunakan sebagai ruang instruktur, ruang peralatan, pentri, toilet, serta tempat praktek siswa. Peralatan yang digunakan cukup lengkap dan sangat menunjang dalam proses pelatihan.
Gambar berikut adalah Gedung Serba Guna dengan kapasitas kurang lebih 160 orang, gedung ini biasanya digunakan untuk acara pembukaan dan penutupan pelatihan, rapat akbar di awal tahun, rekrutmen karyawan perusahaan serta kegiatan kegiatan pertemuan lainnya.
Gambar berikut adalah Workshop Teknik Listrik.
Gambar berikut adalah kondisi di area Workshop Teknik Listrik adapun fasilitas yang dimiliki workshop ini diantaranya adalah 2 ruang kelas dengan kapasitas untuk 32 orang peserta yang digunakan untuk pemberian materi teori yang berada di lantai dua. Pada lantai dasar digunakan sebagai ruang instruktur, ruang peralatan, toilet, serta tempat praktek siswa. Peralatan yang digunakan cukup lengkap dan sangat menunjang dalam proses pelatihan.
Gambar berikut adalah Workshop Elektronika.
Gambar berikut adalah kondisi di area Workshop Operator Alat Berat adapun fasilitas yang dimiliki workshop ini diantaranya adalah 1 ruang kelas dengan kapasitas untuk 16 orang peserta yang digunakan untuk pemberian materi teori yang berada di lantai dua. Pada lantai dasar digunakan sebagai ruang instruktur, ruang peralatan, toilet, serta tempat praktek siswa. Peralatan yang digunakan cukup lengkap dan sangat menunjang dalam proses pelatihan yang diantaranya adalah Buldozer Komatsu/D31 E-20, Whell Loader Komatsu/D31 E-20, Excavator Komatsu/PC100F-6, serta simulator dengan brand John Deere untuk mengakomodir simulasi dari ketiga alat berat yang ada tersebut.
Gambar berikut adalah ruang simulator yang terdiri dari sebanyak 6 unit yang terdiri dari 3 jenis kit yaitu untuk Excavator, Whell Loader, dan Buldozzer.
Gambar berikut adalah armada pelatihan mobile training unit yang diantaranya adalah pelatihan listrik, pelatihan las, pelatihan processing, dan pelatihan motor tempel.



PETA SITUASI BLK SAMARINDA

 
Copyright © 2011 BLK Samarinda | Powered by : burjo85